.

Rabu, 04 Desember 2013

[TUTORIAL] HOW TO MAKE FOLDER ICON


Annyeong yeoreobun.

Kali ini aku mau sharing gimana sih cara bikin folder icon? Berhubung karena temenku ada yang iri dengan tampilan folder di PC ku dan tanya gimana caranya bikin folder icon, jadi gak ada salahnya donk ya aku bagi-bagi tutorial ini buat kalian.

Kalian semua bosen kan ya pastinya sama tampilan folder di PC kalian yang cuma bentuk folder coklat kekuning-kuningan(?) itu? Sama, aku juga. Pengen diganti sama foto bias? Foto kalian? Atau foto pacar kalian? Bisa kok. Oke, tanpa basa-basi kita langsung saja mulai.

— Persiapan —
Perlengkapan wajib :
1. Software Photoshop. Disini aku memakai Photoshop CS3.

Perlengkapan tambahan :
1. Foto atau gambar yang ingin diedit. Disini aku memakai gambar Eunji Apink di teasernya yang Secret Garden.




2. Gambar folder icon atau image pack.


3. Pattern atau teksture jika diperlukan.


Sebelumnya, PERHATIAN banget untuk teman-teman semua yang mau membaca tutorial ini HARAP untuk mengerti tentang Photoshop, setidaknya kalian sudah mengerti Tool-Tool yang ada di Photoshop. Untuk melihat lebih jelas gambarnya klik aja gambarnya.



Step #1 : Buka Aplikasi photoshop kalian.



Step #2 : Setelah itu buka gambar bentuk folder icon. Kalo kalian belum punya, kalian bisa download sendiri di google banyak kok. Dan usahakan ukurannya itu 256 x 256 pixel atau 512 x 512 pixel. Kalau gak ada yang ukuran segitu juga gak apa-apa.



Step #3 : Buka gambar yang mau kalian jadikan folder icon. Disini aku pakai gambar Eunji Apink.


Step #4 : Drag gambar Eunji tadi ke layer folder icon yang udah kalian download tadi dengan menggunakan tombol move tool.



Step #5 : Setelah itu tekan Ctrl+Alt+G secara bersamaan. Hasilnya, akan menjadi seperti ini. Gambar folder icon dan Eunji tadi akan menyatu.



Step #6 : Lalu atur posisi gambar agar pas dengan folder nya. Setelah itu kalian rapihkan sedikit dan hasilnya akan menjadi seperti ini. Kalian juga dapat menambahkan pattern atau teksture, dengan cara buka pattern kamu terus drag ke layer folder iconnya taruh dipaling atas lalu blending optionnya diganti menjadi overlay. Kalau gak mau dikasih pattern kaya aku juga gak apa-apa. Atau menambahkan PSD colouring itupun juga tak apa. Terserah kreasi kalian seperti apa.



Step #7 : Save folder icon kalian. Jika di photoshop kalian sudah ada format .ico nya, kalian bisa langsung menyimpan menggunakan format tersebut. Tapi kalau belum, kalian save dulu dengan format .png



Nah, sudah selesai.


Kurang lebih seperti itulah caranya. Bagaimana? Apa tutorial saya ini membantu, atau malah bikin kalian tambah bingung? Kalau masih belum jelas bisa ditanyakan dikotak komentar. Oke?

Semoga tutorial saya ini bermanfaat ya. Sampai bertemu di tutorial-tutorial saya yang lainnya. Pai~


NB : Jika ingin memposting ulang, tolong sertakan credit yang lengkap http://pabonamjastory.blogspot.com/


— Pabo Namja —

4 komentar:

  1. makasih infonya
    mau tanya kalo png pindah ke windows icon pakai apa??
    kan folder icon gak bisa kalo pakai png..
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. makasih ya tutorialnya membantu banget :)

    BalasHapus
  3. Hallo .. terimakasih informasinya sangat membantu ^^

    BalasHapus